» Detail Berita

Kamis, 12 Juli 2018 - 09:47:21 WIB
Bimbingan dan Konseling
Diposting oleh : TARPIN JUANDI
Kategori: Bimbingan dan Kenseling - Dibaca: 20 kali

Pelayanan bimbingan dan konseling di UNIVERSITAS HAMZANWADI khususnya pada prodi pendidikan Fisika dimaksudkan terutama untuk memberikan bantuan kepada mahasiswa untuk mengenal dan memahami diri dan lingkungan, mengarahkan diri, membuat alternatif pilihan dan mengambil keputusan dalam pemecahan masalahnya sekitar perkuliahan secara lebih tepat dalam rangka menuntaskan tugas-tugas agar bisa mengikuti perkuliahan secara optimal.

Perkembangan mahasiswa secara optimal dapat dilihat melalui interaksi maupun komunikasi yang terjalin antara dosen dan mahasiswa yang terjaga. Oleh karena itu, layanan bimbingan dan konseling tidak hanya berurusan dengan perilaku mahasiswa yang bermasalah, juga tidak sekedar mencegah perilaku bermasalah, melainkan mengembangkan aspek-aspek kepribadian secara mahasiswa secara menyeluruh. Dalam kondisi seperti ini, maka bimbingan dan konseling di UNIVERSITAS HAMZANWADI khususnya pada prodi pendidikan Fisika  berorientasi kepada bimbingan dan konseling perkembangan.

Konsep bimbingan dan konseling perkembangan mengandung implikasi bahwa target layanannya menjadi tidak sebatas mahasiswa dalam tatanan kelembagaan, melainkan akan tertuju kepada semua individu dalam berbagai tatanan kehidupan dan budaya. Alasannya ialah bahwa perkembangan yang sehat atau optimal dalam pengembangan perilaku efektif harus terjadi pada setiap diri individu dalam berbagai tatanan lingkungan. Dengan demikian bimbingan dan konseling menjadi terarah kepada upaya membantu mahasiswa untuk lebih menyadari dirinya dan cara-cara ia merespon lingkungannya, mengembangkan kebermaknaan pribadi dalam perilakunya dan mengembangkan serta mengklarifikasi perangkat tujuan dan nilai-nilai perilaku pada masa yang akan datang. Strategi layanan bimbingan dan konseling menjadi terarah kepada upaya menata dan menciptakan ekologi perkembangan atau lingkungan belajar yang memfasilitasi perkembangan mahasisiwa



« HIZIBAN Musyawarah Alumni dan Desimenasi LSLC »

Berita Terkait

Ke Atas